Wednesday, 14 March 2012

Arus Listrik Dari Buah!

0 comments
Pada zaman sekarang ini, kita sangat tergantung pada energi listrik untuk kemudahhan hidup sehari-hari. Arus listrik diperlukan untuk menyalakan lampu sebagai penerangan di malam hari, menonton televisi, mendengar radio, memanggang kue di oven listrik, menyalakan pompa air, dan banyak lagi. Listrik merupakan salah satu bentuk ennergi yang terbentuk dari berjuta elektron yang bergerak bebas ke semua arah. Energi ini sangat populer dan penting karena paling mudah diubah menjadi bentuk enerrgi lain. Tahukah Anda? Darimana energi listrik diperoleh? Sumber listrik yang umum diketahui adalah dari baterai, akumulator (aki), dan dinamo.
Pada eksperimen berikut ini, Anda akan mempelajari cara memperoleh listrik dari buah-buahan, misalnya buah apel.

Apa yang Anda perlukan?
  1. 2 buah apel
  2. 2 buah pelat tembaga
  3. 2 buah pelat seng
  4. Bola lampu senter
  5. Kabel listrik
  6. Fiting berkabel
Apa yang perlu dilakukan?
  1. Hubungkan kawat kabel fitting ke pelat seng dan tembaga
  2. Tancapkan satu pelat seng dan satu pelat tembaga ke arah masing-masing buah apel
  3. Hubungkan pelat tembaga pada apel yang satu dengan pelat seng pada apel lain seperti pada gambar. Apakah lampu senter menyala?
Apa yang terjadi?
Ketika pelat tembaga dan pelat seng ditancapkan ke buah apel, pelat seng akan larut dalam apel. Partikel-partikel seng terurai menjadi ion dan elektron seng. Ion-ion tersebut keluar dari pelat dan masuk ke apel. Elektron juga bergerak melintasi kawat menuju bola lampu sehingga menyalakan lampu. Setelah itu, elektron terus bergerak ke pelat tembaga dan bergabung dengan ion hidrogen di dalam apel. Peristiwa ini menunjukkan bahwa buah apel dapat berfungsi seperti baterai karena dapat menghasilkan arus listrik. Semakin banyak buah apel yang Anda gunakan, semakin terang nyala lampu. Selain buah apel, buah jeruk lemon, jeruk keprok, tomat dan kentang juga dapat digunakan sebagai sumber energi listrik.


Sumber: kamajaya.2007.Percobaan Sains.Jakarta:Ganeca Exact

0 comments:

Post a Comment

 
Edukasi & Literasi © January 2011 Founded by Jaruki Andriansyah Maulana